6 Nama-Nama Provinsi Di Pulau Sulawesi

Tulisan yang satu ini akan mengupas secara mendalam namun singkat mengenai nama-nama provinsi di Pulau Sulawesi yang sudah seharusnya kau ketahui bersama. Biasanya bahan yang akan kita bahasa gotong royong ini dipelajari pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Umum atau lebih khusus lagi ialah Geografi. Langsung aja simak informasinya mengenai daftar nama provinsi yang ada di Pulau Sulawesi berikut ini, cekidot:

Source : https://www.flickr.com/photos/balibackpacker/6206469204

Nama-nama Provinsi di Pulau Sulawesi

Mengenali Nama-nama Provinsi di Pulau Sulawesi

Sulawesi merupakan nama salah satu pulau di Indonesia, pulau ini juga mempunyai nama lain ialah Celebes. Pulau terbesar ke-4 di Indonesia dan ke-11 didunia ini letaknya diantara Pulau Kalimantan dan Kepulauan Maluku. Pulau ini mempunyai luas wilayah hampir 175 kilometer persegi dengan jumlah penduduk hampir mencapai 20 juta jiwa. Dan inilah ulasan mengenai nama-nama provinsi yang ada diwilayah Pulau Sulawesi, silahkan disimak baik-baik ulasannya.

Baca Juga : 6 Provinsi di Pulau Jawa
  1. Sulawesi Utara, provinsi paling utara Pulau Sulawesi ini beribukota di Kota Manado. Provinsi yang satu ini resmi menjadi bab dari Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1959. Provinsi Sulut mempunyai luas wilayah sekitar 15 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduk hampir 2,3 juta jiwa.
  2. Sulawesi Tengah, salah satu provinsi yang ada di Pulau Sulawesi ini mempunyai ibukota yang berjulukan Kota Palu. Provinsi ini resmi menjadi salah satu provinsi di NKRI pada 13 April 1964. Provinsi Sulteng mempunyai luas wilayah 62 ribu kilometer persegi dan jumlah penduduk 2,7 juta jiwa.
  3. Sulawesi Selatan, satu dari enam provinsi yang ada di Pulau Sulawesi ini beribukota di Kota Makassar. Menjadi salah satu dari provinsi di Indonesia resminya pada 13 Desember 1960. Provinsi Sulsesl mempunyai luas wilayah 46 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduk 8 juta jiwa.
  4. Sulawesi Tenggara, Provinsi dibagian tenggara Sulawesi ini beribukota di Kota Kendari. Sultra resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia pada tanggal 22 September 1964. Provinsi yang satu ini mempunyai luas wilayah 38 ribu kilometer dengan jumlah penduduk lebih dari 2,2 juta jiwa.
  5. Gorontalo, salah satu provinsi gres yang ada di Indonesia ini beribukota di kota Gorontalo. Provinsi ini resmi menjadi provinsi di NKRI pada tanggal 5 Desember 2000. Provinsi ini hanya mempunyai luas wilayah 12 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa.
  6. Sulawesi Barat, satu dari dua provinsi muda di Indonesia yang ada di Pulau Sulawesi ini ibukotanya di Kota Mamuju. Resmi menjadi provinsi di Indonesia pada 5 Oktober 2004. Provinsi yang satu ini mempunyai luas wilayah sekitar 16 ribu kilometer persegi dan jumlah penduduk 1,15 juta jiwa.

Kamu Hafalkan Nama-nama Provinsi di Pulau Sulawesi diatas?

Kawan-kawan, itulah klarifikasi singkat mengenai nama-nama provinsi yang ada diwilayah Pulau Sulawesi diatas beserta dengan keterangan-keterangan lainnya menyerupai nama ibukotanya, tanggal resmi menjadi bab dari Indonesianya, luas daerahnya dan juga jumlah penduduknya. Semoga goresan pena ini dapat menawarkan manfaat kepada kau semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenali Manfaat Asean Bagi Indonesia

11 Fakta Ihwal Hewan Buas Singa