Mengenali Manfaat Asean Bagi Indonesia

Manfaat ASEAN bagi Indonesia tentunya ada banyak dan berbeda-beda kalau dilihat dari banyak sekali macam sudut, ini tentu yang menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa Indonesia menjadi salah satu negara pendiri dan juga anggota ASEAN. Dan goresan pena ini akan membahas secara singkat namun padat mengenai manfaat ASEAN bagi Indonesia, eksklusif saja simak ulasannya berikut:

Source : https://www.flickr.com/photos/aseansecretariat/sets/72157648821205317/

Manfaat ASEAN Bagi Indonesia

Inilah Berbagai Manfaat ASEAN Bagi Indonesia

Keberadaan ASEAN bagi Indonesia tentunya memperlihatkan imbas kasatmata bagi negara itu sendiri, oleh lantaran itu semenjak berdirinya Indonesia tidak pernah lepas atau keluar dari ASEAN, hal ini berbeda dengan keberadaan Indonesia di PBB dimana Indonesia pernah keluar dari keanggotaan PBB. Dan inilah goresan pena yang akan membahas mengenai manfaat ASEAN bagi Indonesia, silahkan disimak:
  • Bidang Ekonomi
Keberadaan Indonesia dalam ASEAN memperlihatkan imbas kasatmata bagi negara ini, salah satunya dari sektor ekonomi. Terjadinya hubungan perdagangan (ekspor dan impor) antara Indonesia dengan negara-negara ASEAN lainnya. Selain itu Indonesia juga mendapat modal atau dana investasi dari negara-negara ASEAN lainnya yang dipakai sebagai dana untuk pembangunan dinegara ini.

Baca Juga : Kepanjangan dari ASEAN
  • Bidang Politik
Dalam bidang politik, negara-negara dikawasan Asia Tenggara mengakui kedaulatan negara Indonesia serta tidak berani dalam melaksanakan intervensi politik kepada negara ini. Dengan adanya hal ini maka bahaya yang tiba kepada Indonesia dapat ditekan atau diminimalisir. Negara-negara ASEAN lainnya juga mengakui dan menghormati sistem politik dalam dan luar negeri Indonesia.
  • Bidang Sosial
Tentunya Indonesia juga mendapat manfaat dari keberadaannya sebagai salah satu anggota ASEAN contohnya saja dalam bidang sosial. Masih ingat kejadian Tsunami Aceh 2004? Pada ketika itu beberapa negara ASEAN memperlihatkan proteksi kepada Indonesia baik itu berupa moril maupun materil. Selain itu banyak kejadian-kejadian di Indonesia yang dibantu oleh negara-negara ASEAN lainnya.
  • Bidang Budaya
Dalam bidang kebudayaan tentunya ada juga manfaat dari ASEAN kepada Indonesia. Pertukaran pelajar merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat kehadiran ASEAN bagi Indonesia, banyak pelajar-pelajar Indonesia yang menuntut ilmu dinegara-negara tetangga. Selain itu juga ada pementasan kesenian-kesenian atau kebudayaan-kebudayaan Indonesia dinegara-negara Asia Tenggara.

Baca Juga : Tanggal Berdirinya ASEAN

Kamu Tahu Manfaat ASEAN untuk Indonesia Lainnya?

Nah itulah klarifikasi singkat mengenai manfaat ASEAN bagi Indonesia yang dinilai dari banyak sekali macam bidang ibarat bidang ekonomi, bidang politik, bidang sosial dan bidang kebudayaan. Kita tentunya berharap biar manfaat ini dapat dioptimalkan oleh Indonesia yang alhasil bermuara pada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Nama-Nama Provinsi Di Pulau Sulawesi

11 Fakta Ihwal Hewan Buas Singa